Berbagi Ilmu Seputar Dunia Internet

Minggu, 08 Maret 2015

On 05.26 by Unknown in ,
Masih semangat belajar PHPnya? Jika masih semangat yuk mari kita belajar lagi PHP kali ini membahas Perulangan for dalam PHP. Ada beberapa macam perulangan pada PHP yakni perulangan menggunakan while, do-while, foreach dan for. Dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh dan penjelasan perulangan for dalam PHP.

Perulangan for dalam PHP sangatlah berguna pada saat ada beberapa baris kode yang ingin dijalankan secara berulang-ulang. Dalam contoh untuk membuat deretan angka 1-100 tidak perlu lagi menuliskan baris kode tersebut sebanyak 100 kali karena dalam PHP sudah tersedia perintah untuk menjalankan instruksi tersebut yakni dengan menggunakan perulangan-perulangan dalam PHP. Entah itu menggunakan while, do-while, foreach maupun for. Diatara keempat jenis perulangan tersebut penulisanya berbeda-beda dan kali ini saya hanya akan memberikan contoh penulisan perulangan menggunakan for saja hehe ...

Misal kita akan membuat deretan angka 1-100 scriptnya seperti ini :


<?php
for($i=1; $i<=100; $i++) {
 echo 'angka ' . $i . '<br>';
}
?>


Tuh kan cuman perlu sedikit script kode saja perulangan angka otomatis dibuat. Tidak perlu capek-capek kita menginputkan baris perintah satu-satu hehe.

Okehh contoh kedua kita akan membuat perulangan pilihan tanggal lahir dengan menggunakan perulangan for, scriptnya begini :


<?php
echo 'Pilih Tanggal Lahir : <br>'.
     'Tanggal : <select name="tgl_lahir">';
for ($tgl = 1; $tgl <= 31; $tgl++) {
 echo '<option name="' .$tgl.'">'.$tgl.'</option>';
}
echo '</select>&nbsp;&nbsp;';

echo 'Bulan : <select name="bulan">';
for ($bln = 1; $bln <= 12; $bln++) {
 echo '<option name="' .$bln.'">'.$bln.'</option>';
}
echo '</select>';

echo 'Tahun : <select name="tahun">';
for ($thn = 1980; $thn <= 2020; $thn++) {
 echo '<option name="' .$thn.'">'.$thn.'</option>';
}
echo '</select>&nbsp;&nbsp;';
?>



Tuh kan otomatis juga hehe. Silahkan berlatih logika menggunakan perulangan for ini. Semakin banyak berlatih semakin paham kita pada maksud-maksud scriptnya. Untuk postingan mendatang adalah contoh perulangan menggunakan while. Cuma segitu saja mungkin bila ada kesalahan dalam postingan di atas diminta koreksinya yah..

Wassalam!