Berbagi Ilmu Seputar Dunia Internet

Minggu, 01 Maret 2015

On 07.33 by Unknown in ,
Siapa yang belum tau apa itu google? saya yakin semua orang yang membaca ini pasti sudah tau apa itu google. Yap, google itu adalah situs search engine terbesar di dunia dan yang paling banyak dikunjungi setiap harinya. Sebenernya situs pencarian itu bukan hanya google.com saja melainkan masih banyak situs-situs lain seperti yahoo.com, bing.com, yandex.com dan masih banyak lagi yang lainya. Tapi sekarang ini google.com lah yang masih merajai dunia search engine tersebut.

Apa sih yang tidak akan muncul di google apabila kita mengetikan suatu kata atau kalimat? Google pasti menampilkan apapun yang kita ketik di pencarian walaupun hasilnya belum tentu maksimal. Karena google adalah mesin bukan seorang manusia yang bisa menjawab apa yang sedang kita cari. Dengan begitu, kita harus tau bagaimana cara membuat kata kunci yang baik di pencarian supaya hasilnya tepat dengan apa yang kita maksud, jangan asal saja membuat kata kunci karena itu akan memengaruhi hasil dari pencarian kita.

Dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan TRIK RAHASIA MEMILIH KATA KUNCI PENCARIAN UNTUK HASIL YANG LEBIH EFEKTIF dengan menggunakan operator-operator pencarian googleInilah beberapa Operator-operator pencarian google untuk mendapatkan hasil yang efektif :

  • Operator OR (|)
Operator OR (|) digunakan untuk memfilter kata kunci opsional. Misalkan kalian mengetikan kata kunci : Ayam Bakar | Ayam Goreng google search akan menampilkan hasil artikel atau web yang memuat salah satu diantara kedua kata kunci tersebut. Kalau tidak ayam bakar hasil akan menampilkan web yang memuat Ayam goreng.
  • Operator Minus (-)
Operator minus (-) digunakan untuk mefilter pencarian yang tidak kita inginkan. Misalkan kita mengetikan kata kunci pencarian lagu di google dan tidak ingin ada website 4shared.com yang muncul di pencarian tersebut maka kodenya sebagai berikut : Iwan Fals Ibu -4shared.com Maka secara otomatis web 4shared.com tidak akan muncul di pencarian tersebut.
  • Operator Equivalen (~)
Operator equivalen ini digunakan ketika kita ingin mencari sinonim dari kata kunci pencarian di google. Misalkan kita ketikan kata kunci ini di google ~Kaos Cowok Maka google akan mencari persamaan kata dari kaos tersebut dan pencarian akan menghasilkan web yang memuat kata dari Kaos Cowok, Pakain Cowok dan lain sebagainya yang sejenis.
  • Operator Bintang (*)
Operator bintang (*) digunakan untuk mencari pengganti kata atau huruf yang lebih luas dan belum diketahui. Misalkan kita akan mencari tentang jenis-jenis masakan sate ayam, kalian bisa mengetikan kata kunci seperti ini : Sate Ayam * enak Maka secara otomatis google akan menampilkan situs yang memuat tentang Sate ayam madura enak, sate ayam panggang enak, sate ayam padang enak dan lain sebagainya.
  • Operator Tanda Kutip Ganda (" ")
Operator ini digunakan ketika kita ingin mencari kalimat / frasa yang benar-benar mirip dengan yang kita ketikan yang menyatu dan tidak menampilkan kata-kata yang terpisah. Misalkan "Resep masakan sate kambing madura" Maka pencarian akan menghasilkan web yang memuat kalimat /frasa yang benar-benar mirip dengan frasa pencarian Resep masakan sate kambing madura. Cobalah bedakan dengan hasil yang tidak menggunakan tanda kutip ganda.
  • Operator google site:
Operator ini digunakan untuk mencari situs web. Misal site:iangoblog.com Maka google akan menampilkan semua situs yang mengarah ke iangoblog.com. Contoh kedua site:.co.id maka google akan menampilkan situs yang berdomain .co.id.
  • Operator google URL:
Operator ini digunakan untuk mencari kata yang terdapat pada alamat address / URL. Misalkan kata kunci pencarianya seperti ini : inurl:home Maka google akan menampilkan jutaan website yang alamat address terdapat kata home misalkan hasilnya :
http://www.iangoblog.com/home.html
http://www.iangoblog.com/home.php?menu=1
http://www.home.com/
  • Operator  google Define:
Operator ini digunakan untuk mencari definisi dari suatu kata kunci.Misalkan kita mengetikan define:blog Maka google akan menghasilkan situs-situs yang menerangkan tentang definisi google.
  • Operator google Filetype: atau ext:
Operator ini digunakan untuk mencari sebuah file khusus di google. Misalkan kita ingin mencari suatu artikel yang file type nya adalah pdf maka penulisanya adalah Cara Membuat Donat filetype:pdf Maka google akan menghasilkan file-file pdf tentang cara membuat donat tersebut.
  • Operator google info:
Ini digunakan untuk mengetahui info dari sebuah website atau blog. Misalkan saja info:iangoblog.com maka google akan menghasilkan info tentang blog iangoblog.com.
  • Operator google intext:
Operator ini digunakan untuk mencari suatu teks yang terdapat di suatu halaman situs. Misal intext:Membuat mainan dari karton kardus barang bekas maka google akan menampilkan situs-situs yang memuat teks berdasarkan kata kunci tersebut.
  • Operator google intitle:
Hampir sama dengan operator intext: diatas, operator intitle juga untuk mencari judul  / title dari suatu postingan. Misalkan intitle:Cara Membuat Kapal-kapalan maka google akan menampilkan situs-situs yang bertitle dengan kata kunci tersebut.


Contoh beberapa kombinasi untuk melakukan pencarian :
intitle:belanja online intext:kaos cowok murah meriah site:lazada.com maka google akan menghasilkan situs dengan title belanja online, terdapat teks di dalam situs tersebut kaos cowok murah meriah dan hanya menampilkan situs dari lazada.com

intitle:belanja online intext:kaos cowok murah meriah (site:lazada.com | zalora.co.id)
maka google akan menghasilkan situs dengan title belanja online, terdapat teks di dalam situs tersebut kaos cowok murah meriah dan hanya menampilkan situs dari lazada.com atau zalora.co.id

intitle:belanja online intext:* cowok murah meriah site:lazada.com
maka google akan menghasilkan situs dengan title belanja online, terdapat teks di dalam situs tersebut kaos cowok murah meriah, kameja cowok murah meriah, jaket cowok murah meriah dll yang mengganti kata kaos dan hanya menampilkan situs dari lazada.com

Silahkan untuk belajar sendiri mengembangkan kombinasi pencarian google untuk bisa mendapatkan hasil yang tepat dengan yang diharapkan. Trik-trik seperti ini biasanya digunakan para hacker untuk mencari website yang vulnerable atau lemah.
Semoga artikelnya bermamfaat.
Assalamualikum Wr. Wb